Industri Game di Indonesia Bernilai Rp 4,3 Triliun

Peran Tubuh Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam menghidupkan bidang industri kreatif di Indonesia memanglah tak gampang. Terlebih, mereka masihlah mesti mendompleng satu diantara bidangnya yaitu industri game. Kehadiran industri yang satu ini masihlah dinilai lemah. Walau sebenarnya, pasar game di Tanah Air mempunyai potensi usaha yang besar, walau saat ini masihlah didominasi oleh game-game garapan pengembang asing. Saat didapati selesai pembukaan Bekraf Game Prime 2016, Hari Sungkari sebagai Deputy Chairman of Infrastructure Bekraf, membetulkan kalau pasar game Indonesia masihlah dinilai inferior.

game

Dalam soal ini, game pengembang luar negeri masihlah semakin banyak dilirik gamers Indonesia daripada game buatan pengembang negaranya sendiri. 2016, industri game kita (Indonesia) bernilai US$ 321 juta (setara dengan Rp 4,3 triliun). Sayang, berisi asing semuanya. Pengembang lokal ya hanya memperoleh 1,7 prosentasenya. Kita saat ingin diam selalu?. Walau demikian, nilai industri game Tanah Air diperkirakan selalu tumbuh sampai angka US$ 606 juta pada th. ini. Jadi itu, supaya tak lebih didominasi deretan game buatan orang asing, Bekraf bakal mensupport semua bentuk aktivitas yang dikerjakan oleh industri game Indonesia, dari mulai penerbit, pengembang, sampai komune. Terkecuali mengadakan Bekraf Game Prime 2016, kami juga telah mensupport aktivitas lain.

Bila ini (Bekraf Game Prime 2016) kan berbentuk acara pameran serta diskusi, diluar itu kami selenggarakan aktivitas untuk memaksimalkan akselerasi startup serta pengembang yang kami sebut Bekraf for Pre-Startup. Hari meneruskan, acara Bekraf for Pre-Startup juga adalah satu aktivitas yang diselenggarakan untuk melatih calon pelaku startup, termasuk juga pengembang aplikasi serta game. Kami tempa agar mereka siap jadi pengusaha yang siap melakukan bisnis, jadi tidak kagetan. Begitu kan venture capital atau pemberi modal dapat memberi modal buat mereka. Seandainya, beberapa pengembang ini miliki product game yang bagus, berkwalitas. Founder-nya juga telah diasah jiwa kepemimpinan serta entrepreneurship-nya.

Terkecuali Bekraf Game Prime 2016 serta Bekraf for Pre-Startup, Bekraf juga mengadakan aktivitas yang bergelut di industri game, yakni Bekraf Developer Day. Acara ini adalah hasil kerja sama juga dengan Dicoding ; di acara ini Bekraf menyuguhkan kursus intensif pada beberapa pengembang game. Hari juga menyampaikan kalau bentuk support tak mesti senantiasa berbentuk dana. Kami, pemerintah kan tak dapat memberi duit. Namun kami dapat memberi sarana berbentuk mentoring, membayarkan tempat, membelikan software, sampai pendaftaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) kami gratiskan.

Iklan